Sunday 2 October 2011

Resensi Bukuku - Storycake for Ramadhan

Judul : Storycake for Ramadhan
(44 Kisah-kisah indah dan inspiratif seputar Ramadhan yang menyentuh hati)
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Penulis : Lygia Pecanduhujan dkk
Kategori : Kumpulan Cerpen
Tebal : 262 Halaman
Harga : Rp. 50.000,-
Ramadhan dan Idul Fitri adalah hari-hari dimana seluruh muslim di seluruh dunia menyambut dan merayakannya dengan sukacita. Banyak kisah yang tertoreh pada saat itu. Kenangan yang begitu manis, lucu, kocak, konyol, mengharukan, hingga tak jarang juga mendatangkan tangis kesedihan maupun kebahagiaan. Bahkan tak jarang seluruh kenangan tersebut akan terbawa terus sampai nanti dan tercatat pada dinding hati.
Seluruh kisah yang terdapat dalam buku ini adalah kisah-kisah sederhana yang meninggalkan kesan mendalam pada setiap penulisnya. Tercatat ada 44 kisah-kisah indah dan inspiratif seputar Ramadhan yang dapat kita temui di buku setebal 262 halaman ini. Bahkan ada di antara kita yang ternyata pernah mengalami hal-hal yang sama. Hingga kita bisa larut dalam senyuman dan air mata ketika membaca kisahnya.
Seperti ada gairah, kenikmatan dan kerinduan yang menyeruak ketika Ramadhan semakin mendekat. Pengalaman beribadah di bulan Ramadhan yang selalu dinantikan kehadirannya. Suara beduk bertalu-talu, pergi tarawih berbondong-bondong, pengalaman ikut berkeliling membangunkan sahur, jungkir balik menyiapkan hidangan Ramadhan untuk pertama kalinya, hingga segala kehebohan menjelang Idul Fitri. Semuanya terkadang meninggalkan cerita sedih atau lucu dan tak terlupakan sepanjang hidup kita. Kepolosan ceritanya akan membuat kita tak sabar untuk menghabiskan buku ini dengan tuntas hingga halaman terakhir.
Apapun itu, yang pasti buku ini adalah kumpulan kisah penuh hikmah yang akan membawa kita ikut serta merasakan apa yang dialami penulis. Seperti pengalaman Lygia Pecanduhujan yang melongo keheranan sepulang dari sekolah saat menyaksikan kulkas dirumahnya diikat tali. Atau pengalaman Alina Sitha yang mendapatkan berkah Ramadhan berupa hadiah-hadiah kuis yang diikutinya melalui siaran radio kesayangannya sepanjang bulan Ramadhan. Mendapatkan hadiah berupa sandal bermerek, kupon belanja hingga coto makassar kesukaannya.
Ada juga pengalaman Dina Sudjana yang merasakan indahnya berpuasa di negeri sakura, Jepang. Saat dirinya dipanggil datang ke sekolah oleh kocko sensei, kepala sekolah anaknya dan harus menjelaskan kepadanya mengapa anak sekecil itu harus berpuasa di saat teman-temannya makan siang di sekolah.  Semuanya tersaji secara runtun dan senderhana.
Kumpulan cerita hikmah dalam buku ini dibagi menjadi 3 bagian, unforgottern Ramadhan, air mata itu dan Ramadhan penuh cinta. Storycake adalah kue cerita. Yang berisikan sekumpulan kisah menarik yang dikemas secara apik, mengharukan, membahagiakan dan membuat kita sadar bahwa ada begitu banyak kisah di luar sana yang mungkin mirip dengan apa yang pernah atau sedang kita alami.
Selamat membaca dan nikmati Ramadhan dengan menggigit sepotong demi sepotong kisah yang ada dalam storycake ini !

Sumber:  http://fandagri.blogdetik.com/resensi-buku-storycake-for-ramadhan/

No comments:

Post a Comment