Friday 20 May 2011

Membedah "Panduan Sukses untuk Orang Indonesia di Jepang"

Semula,calon "anak" saya ini saya beri nama Japan Inside, karena isinya menggambarkan bagaimana kehidupan di Bumi Samurai ini.  Kemudian, Be First, penerbit yang menjadi "dokter ahli" atas kelahirannya memberinya nama "Panduan Sukses Orang Indonesia di Jepang" Wow! Tergeragap saya membaca judul menterengnya.  Apakah saya sudah sukses hidup di negeri ini? Jujur, saya merasa masih belum.  Terkadang, saya masih gamang, masih pontang-panting,masih gagap, masih terpana, masihhhh...ah, banyak lagi.  Bagaimanapun, saya adalah orang Indonesia, yang selalu saja rindu dan lebih cinta tinggal di negeri sendiri.  Percaya nggak? Saya makin cinta pada Indonesia sejak tinggal di negeri ini.
Ah, nggak penting juga ya,bahas judul :p

Oke, lanjut
Apa sih isi buku ini ?
Saya membaginya menjadi tujuh bagian
Bagian Satu, Pengantar. Ya, standarlah isinya, sebagai pengantar sebelum membaca isinya lebih lanjut.Biar in dengan isinya
Bagian Dua, Yokoso Nihon. Di sini, saya memberikan deskripsi tentang Jepang itu seperti apa sih ? Geografisnya, iklim, musim, budaya, penduduk, sistem hukum, politik dan pemerintahan. Saya ceritakan juga pengalaman saya selama berinteraksi dengan negeri ini.  Jadi insya Allah ketika membacanya, yang baca akan mendapatkan gambaran lebih utuh, gimana rasanya kalo orang Indonesia tinggal di sana. Apa aja yang akan dialami, dihadapi, begitu kurang lebih.Harapan saya waktu menulis bagian ini sih begitu. Semoga itu juga yang dirasakan pembaca.
Bagian Tiga, Pre Departure.  Saya tuliskan beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum berangkat ke Jepang. Mulai dari persiapan dokumen (paspor,visa,CoE,dll), persiapan untuk yang akan ditinggal, persiapan barang yang akan dibawa, persiapan keuangan, dll.
Bagian Empat, Negeri Impian. Cerita tentang bandara di Jepang, apa yang pertama harus dilakukan ketika sampai (mencari penginapan sementara, mengurus allien card, asuransi,membuat stempel diri,membuka rekening bank, menyewa tempat tinggal), tentang sekolah di Jepang, bekerja dan training, ketika ingin menetap, dan berbagai pernak-pernik kehidupan (kantor pos, transportasi, aturan buang sampah, melahirkan, bagaimana melalui 4 musimnya, ketika terjadi bencana atau keadaan darurat, dll)
[contoh foto dalam buku] pengaturan tempat sampah
Bagian Lima, Sayonara. Mengintip sisi lain Jepang. Bagian ini saya buat ketika berkesempatan pulang beberapa bulan ke Indonesia.Jadi, sungguh kesan seorang Indonesia yang pernah merasakan tinggal di Jepang.
Bagian Enam, Usefull Information. Ini isinya hal-hal yang sangat diperlukan ketika tinggal di Jepang. Daftar bahan makanan yang harus diperhatikan kehalalannya, alamat masjid, tempat hang out keren (maaf ya,cuma dikit.Soalnya saya ke Jepang emang bukan buat jalan-jalan :p Eh, ada foto-foto jepretan saya dan suami juga loh), link penting, alamat KBRI, Lokasi toko halal, gesture orang Jepang,tips, banyaaaak.

[contoh foto dalam buku]
Tokyo Tower
Bagian Tujuh, Lampiran. Ini isinya contoh surat-surat yang diperlukan ketika tinggal di sini.Beberapa contoh surat juga ada di bagian lain buku ini. Ada banyaaak contoh formulir yang harus diisi untuk aneka keperluan. Maaf kalo bikin pusing, karena hurufnya keriting semua :P

Itulah gambaran isi buku ini.Happy reading, semoga bermanfaat.  Jadi, sebelum ke Jepang, baca buku ini dulu ya *promosi teuteup*

Endors keren untuk buku ini :
"Semua info tentang Jepang ada di buku ini !" (Ulya Zulmadji, Ketua Fahima,Jepang)

"Bacalah buku ini sebelum ke Jepang. Benar-benar membantu !" (Tethy Ezokanzo, penulis yang pernah jadi penduduk Hokkaido)

Dapatkan di toko-toko buku terdekat ya.  Kalau di toko buku online saya lihat didiscount sampai 15%, jadi harganya sekitar Rp 27.000

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu'alaikum Wr Wb
      Mbak Nurul, salam kenal. Saya Zulmi, salah seorang yang pengen banget baca buku ini. Kalau boleh tau, kira-kira dimana lagi saya bisa mendapatkan buku ini ya, Mbak? Saya butuh sekali dan ingin dihadiahkan kepada seorang teman yang akan berangkat ke Jepang. Dari resensinya sepertinya isi buku ini sangat menarik. Saya sudah cari ke Gramedia di Bekasi sampai di Matraman katanya sudah gak ada. Terima kasih, mbak. :)

      Delete