Tuesday, 10 May 2011

Sumber Ide untuk Menulis

     Dari manakah ide sebuah tulisan itu datang? Mungkin masing-masing penulis mempunyai jawaban yang berbeda. Namun, sebagian besar penulis ternama menyimpulkan, sumber terbaik sebuah tulisan adalah pengalaman. Pengalaman di sini tidak harus selalu pengalaman pribadi. Kita juga bisa mengambilnya dari pengalaman orang lain.

    Nikolai Gogol ketika menulis karyanya yang terkenal "Overcoat", menuliskan kisah ini berdasarkan sebuah lelucon yang didengarnya pada sebuah jamuan makan malam. Tentang pengalaman seorang lelaki yang sudah bertahun-tahun menabung untuk membeli senjata. Ketika senjata itu berhasil dibeli, langsung hilang dicuri orang. 
     Hmm...sesuatu yang sederhana ya. Karena itu, seorang yang punya keinginan menjadi penulis, WAJIB merekam seluruh pengalaman dan pengetahuannya. Tulis apa yang didengar, dirasakan, dialami. Siapa tahu, suatu saat rekaman catatan itu kita perlukan saat menulis sebuah karya.
    Pengalaman itu darimana saja asalnya?
1. Yuk, coba gali dari masa kecil. Nah, ini contohnya banyak kan? Misal pengalaman Andrea Hirata di masa kecil menjadi Tetralogi Laskar Pelangi.
2. Carilah dari sejarah kehidupan masa lalu. 
3. Carilah dari buku atau bahan bacaan yang kita baca. Karena itu, seorang penulis haruslah menjadi orang yang gila membaca apa saja, selagi itu bermanfaat dan membawa pengetahuan baru.
     Nah...yuk berlatih sama-sama. Sekarang nggak boleh lagi ada alasan mati ide :)

Menemukan ide baru, ketika melihat foto ini? 
Yuk...silahkan ditulis
    

No comments:

Post a comment